Tugas 6

1.    a.   - Teori tawar manawar
Menyatakan bahwa tingkat upah ditentukan oleh tawar menawar di pasaran tenaga kerja. Pembeli ialah pengusaha yang membutuhkan tenaga kerja dan penjualnya ialah calon karyawan, mungkin juga melalui organisasi tenaga kerja sebagai perwakilan mereka. Jika titik keseimbangan yang dicapai itulah yang menetapkan besarnya upah.
-       Teori standar hidup.
Didasarkan atas keyakinan bahwa buruh harus dibayar secara layak agar dapat memenuhi kebutuhan standar hidupnya. Standar hidup ini diartiakn cukup untuk membiayai keperluan hidup seperti makanan, pakaian, perumahan, rekreasi, pendidikan dan perlindungan asuransi. Tidak ada suatu cara yang dapat dipakai untuk menetapkan upah ini, dan pada umumnya penetapan upah merupakan kombinasi dari berbagai pertimbangan.

b. – Upah merupakan penghargaan dari tenaga karyawan atau karyawan yang dimanifestasikan sebagai hasil produksi yang berwujud uang, atau suatu jasa yang dianggap sama dengan itu, tanpa suatu jaminan yang pasti dalam tiap-tiap menggu atau bulan.
      - Gaji adalah suatu bentuk pembayaran periodik dari seorang majikan pada karyawannya yang dinyatakan dalam suatu kontrak kerja. Dari sudut pandang pelaksanaan bisnis, gaji dapat dianggap sebagai biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan sumber daya manusia untuk menjalankan operasi, dan karenanya disebut dengan biaya personel atau biaya gaji.
      - Bonus adalah kompensasi tambahan yang diberikan kepada seorang karyawan yang nilainya di atas gaji normalnya. Bonus bisa digunakan sebagai penghargaan terhadap pencapaian tujuan-tujuan spesifik yang ditetapkan oleh perusahaan, atau untuk dedikasinya kepada perusahaan.
      - Kompensasi adalah seluruh imbalan yang diterima karyawan atas hasil kerja karyawan tersebut pada organisasi. Kompensasi bisa berupa fisik maupun non fisik dan harus dihitung dan diberikan kepada karyawan sesuai dengan pengorbanan yang telah diberikannya kepada organisasi / perusahaan tempat ia bekerja.

2.    a. Outsourcing (Alih Daya) dikenal sebagai penyediaan jasa tenaga kerja seperti yang diatur pada pasal 64, 65 dan 66. Dalam dunia Psikologi Industri, tercatat karyawan outsourcing adalah karyawan kontrak yang dipasok dari sebuah perusahaan penyedia jasa tenaga outsourcing. Awalnya, perusahaan outsourcing menyediakan jenis pekerjaan yang tidak berhubungan langsung dengan bisnis inti perusahaan dan tidak mempedulikan jenjang karier. Seperti operator telepon, call centre, petugas satpam dan tenaga pembersih atau cleaning service.Namun saat ini, penggunaan outsourcing semakin meluas ke berbagai lini kegiatan perusahaan.

b. Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya.[1] Tiga elemen utama dalam definisi ini diantaranya adalah intensitas, arah, dan ketekunan.[2]

c. Job description (jobdesk) atau uraian jabatan/job atau gambaran tugas adalah suatu pernyataan tertulis yang berisi tujuan dari dibentuknya suatu jabatan/tugas, uraian atau gambaran tentang apa yang harus dilakukan oleh sipemegang jabatan, bagaimana suatu pekerjaan dilakukan, alasan-alasan mengapa pekerjaan tersebut dilakukan, hubungan antara suatu posisi tertentu dan posisi lainnya diluar lingkup pekerjaannya dan diluar organisasi (eksternal) sehingga dapat tercapai tujuan unit / bagian kerja dan organisasi / perusahaan secara luas.

d. Separation/PHK adalah pengakhiran hubungan kerja karena suatu hal tertentu yang mengakibatkan berakhirnya hak dan kewajiban antara karyawan dan perusahaan.

3.    a.       Car Sharing
Dengan cara saling berbagi kendaraan, tukar menukar, atau usaha penyewaan kendaraan, sehingga pemakaian bahan bakar dapat diminimalkan. Hal itu juga akan mengurangi emisi gas buang dari kendaraan dan akan lebih meminimalkan polusi udara.

b.      Pengenalan CNG di New Delhi, India
Di India pemakaian bahan bakar CNG digunakan untuk angkutan-angkutan umum. Dikarenakan setiap tahunya India mengalami percepatan pencemaran udara.

c.       Green Marketing yang Dilakukan oleh Nike
Mereduksi bahan beracun dari produk kita adalah sangat baik untuk bisnis. Hal tersebut dapat mereduksi bahaya yang dapat timbul pada para pekerja dan akan lebih tidak berbahaya juga untuk dikonsumsi oleh konsumen. Dengan bahan berbahaya yang dikurangi atau bahkan tidak dipakai sama sekali, hal tersebut juga membantu perusahaan untuk menghemat biaya selain itu hal yang tidak kalah penting adalah seorang marketer melakukan itu karena tahu konsumen ingin mencari alternative yg paling aman. Hal itulah yg menginspirasi Nike untuk membuat produk  yg lebih ramah terhadap lingkungan. Resiko dan peluang tidak jauh dari apa yang dilakukan oleh Nike.Mereka berusaha keras mereduksi bahan-bahan beracun yg dipakai untuk memproduksi produk-produk mereka salah satu contohnya adalah Air Jordan XX3. XX3 dikatakan berasal dari sneakers yang lama kemudian didaur ulang, sampah pabrik dan juga menggunakan lem yg lebih sedikit.Sepatu ini juga menginspirasi Nike untuk membuat mesin pembuat sepatu yg lebih ramah lingkungan dan tidak menggunakan bahan kimiawi. Nike sadar bahwa sebenarnya para remaja pria atau pria muda tidak terlalu perduli pada bagaimana produk tersebut dibuat tetapi lebih pada bagiamana kualitas dan manfaat yang diperoleh dari produk yang digunakannya tersebut. Tapi Nike memiliki misi yg jauh lebih besar daripada hanya sekedar menjual atau membuat produknya laku yaitu mengajak produsen yang lain untuk ikut melakukan green marketing.

4.    Membangun bisnis via e-mail marketing
     Berkomunikasi melalui internet dan e-mail merupakan jalan terbentang bagi siapa saja. Kemudahan ini memberikan jalan untuk menghibur diri, meneliti ide-ide baru dan menemukan dunia baru. Dan tentu saja, internet telah memberikan peluang baru untuk menawarkan bisnis Anda. Sama halnya dengan beberapa metode advertising lainnya, dengan jalan internet ini biasa jadi merupakan cara efektif memasarkan bisnis. Namun tidak selalu semudah kedengarannya jika sudah dipraktekkan. Salah satu metode populer yang dikenal dalam memasarkan via internet ini adalah dengan menggunakan e-main untuk menggaet prospek. Advertising melalui e-mail telah melahirkan dimensi baru bagi perkembangan bisnis generasi teknologi masa kini. Berikut keuntungan utama yang bisa didapatkan dalam menggunakan e-mail sebagai media pemasaran bisnis:
  • ·Jika Anda mencari peluang dengan e-mail maka pemasaran lewat internet adalah cara terbaik. Masing-masing prospek yang Anda sampaikan melalui marketing e-mail inni akan meungkinkan terjadinya follow up dan komunikasi cepat. 
  •  Bisa mengetahui hasil dengan cepat. Hanya melalui beberapa menit setelah kampanye melalui e-mail dilakukan maka Anda dengan cepat akan menerima permintaan informasi lebih dari para netter
  •  Anda bisa menargetkan penawaran kepada pengunjung website untuk memberikan tanggapan terhadap iklan Anda. Di sini Anda akan mengirimkan kepada konsumen prospektif mana yang sedang mencari bisnis. 
  • Walaupun e-mail marketing adalah salah satu cara mengagumkan untuk promosi bisnis, kebanyakan kampanye marketing ini kurang sukses. Oleh karena itu diperlukan tiga kunci agar kampanye tersebut sukses seperti dipaparkan berikut ini:
  • Website yang buruk akan menghasilkan hasil buruk pula. 
  • Jika daftar e-mail yang Anda punyai tidak mampu menargetkan penawaran Anda, maka hasilnya akan buruk. Sebelum Anda mempertimbangkan menggunakan daftar tersebut, carilah cara paling tepat bagaimana e-mail tersebut dikumpulkan. 
  •  Spamming akan membunuh bisnis Anda. 

http://artidanpengertian.blogspot.co.id/2016/02/pengertian-bonus.html
http://bagusekaputra26.blogspot.co.id/2014/06/teori-upah.html
http://www.definisi-pengertian.com/2015/07/definisi-pengertian-upah-menurut-ahli.html
http://miredboyz.blogspot.co.id/p/kompensasi-karyawan.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Gaji
http://wirausaha-online.tripod.com/wirapemasaran.htm
http://rosisrirahayu.blogspot.co.id/
http://www.gajimu.com/main/tips-karir/untung-rugi-sistem-201coutsourcing201d
https://id.wikipedia.org/wiki/Motivasi
http://seputarberitapendidikan.blogspot.co.id/2014/05/contoh-job-description.html
http://bhr-community.blogspot.co.id/2011/12/separation-pemutusan-hubungan-kerja.html
http://allaboutjayabangsa.blogspot.co.id/2013/07/green-marketing.html

Komentar