1. Bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang
dilakukan oleh perorangan, sekelompok
orang atau organisasi kepada konsumen (masyarakat) dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan/laba
(profit). Pada dasarnya, kita melakukan
bisnis adalah untuk memperoleh laba atau keuntungan (profit).
2. a. Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang
berasal dari barang mentah atau
komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contohnya
perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
b. Bisnis jasa
adalah bisnis yang menghasilkan barang tak berwujud dan mendapatkan keuntungan
dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contohnyaadalah konsultan dan psikolog.
3. a. KOMPLEKSITAS DAN KEANEKARAGAMAN
Yaitu bisnis
yang muncul dengan berbagai sector dengan beberapa kelompok industry . Masing
–masing industry yang terkumpul didalamnya terdapat perusahaan - perusahaan yang bervariasi dalam bentuk
kepemilikan, volume bisnis, struktur modal,
dan lingkup aktivitasnya, serta gaya manjemen yang diterapkan
.Contohnya, pembuat perkakas elektrik, dan
produk – produk elektronik .
Kompleksitas
yang dihadapi oleh perusahaan – perusahaan yang sudah go public atau go internasional memiliki perbedaan dengan
tantangan yang dihadapi oleh produk local. Selain menghadapi perbedaan dalam
perilaku konsumen , perusahaan global
juga menghadapi kendalaekonomis, misalnya penetapan tariff dan kuota
untuk ekspor dan impor oleh Negara
tujuan .
b. SALING
KETERGANTUNGAN
Yaitu masing
–masing perusahaan dalam operasinya selalu membutuhkan dan dibuthkan oleh perusahaan lain . hasil yang
diproduksi oleh sebuah perusahaan akan
menjadi input bagi perusahaan lain, demikian juga sebaliknya. Maka dari
itu perusahaan tidak akan bisa eksis atau terkenal
tanpa bekerja sama dengan perusahaan
lain.
Ketergantungan
juga dapat dilihat dari penyebaran wilayah produk. Perusahaan yang berada dalam suatu Negara, dan ingin
meningkatkan permintaan produknya tentu akan mempertimbangkan untuk menjualnya keluar
negeri jika pasar dalam negeri melebihi
kapasitas atau permintaan yang terbatas. Dalam hal ini perusahaan harus bekerja sama dengan asosiasi/ lembaga-lembaga
perdagangan untuk membantu memasarkan produknya.
c. PERUBAHAN DAN
INOVASI
Perubahan dan
inovasi sangat diperlukan dalam bisnis terutama dalam menghadapi perubahan
lingkungan bisnisyang cepat. Namun dalam pengertiannya adalah perusahaan yang tidak mampu menawarkan produknya
sesuai dengan selera konsumen, maka
produknya pasti akan secara tidak langsung ditinggalkan oleh pelangganya.
Perubahan dan inovasi dalam bisnis bertujuan untuk memberikan kepuasan bagi konsumen, Karena adanya
perubahan lingkungan, seperti pendapatan yang tetap , trend atau model yang
berubah, serta gaya hidup dan perkembangan
teknologi yang semakin canggih.
4. Menurut saya bisnis sangat penting dalam hidup kita.
Bukan hanya bekerja di tempat te tertentu, tapi bisnis pun bisa kita jadikan
pekerjaan utama dalam hidup kita. Walaupun masih banyak orang yang tak
sependapat, bisnis bisa memberikan banyak dampak positif dalam hidup kita.
Seperti misalnya saat kita berbisnis makanan, kita tak hanya membuat lapagan
pekerjaan untuk orang lain tetapi kita juga membuka peluang eksplorasi pada
diri kita. Berbeda halnya jika kita bekerja pada perusahaan tetentu, dimana kita
tak bisa semaunya atau seenaknya mengembangkan diri, tetapi dengan bisnis kita
bisa mengembangkan diri kita sendiri secara bebas tanpa ada halangan tertentu.
Oleh karena itu,bukan hanya apa yang kita kembangkan tapi apa juga yang kita
ciptakan untuk diri sendiri dan orang lain.
https://japandiadam.wordpress.com/2012/09/29/apakah-yang-dimaksud-dengan-bisnis/
http://frmhany.blogspot.co.id/2013/12/klasifikasi-bisnis-tahapan-dan-hambatan.html
http://jendeladelia.blogspot.co.id/2015/02/karakteristik-sistem-bisnis.html
Komentar
Posting Komentar